Donasi Gempa Palu Donggala di WSK 20 di Kota Lama Semarang.

Selalu ada yang spesial di setiap kegiatan Weekend Science Kids oleh Komunitas Ilmuwan Cilik.
Kali ini, seperti yang kami katakan pada postingan sebelumnya, KIC membuat kemasan yang berbeda dari mulai recruiting peserta hingga acara berlangsung.
Pemanfaatan teknologi kami optimalkan. Penggunaan gform untuk proses pendaftaran memudahkan admin untuk mengcrossceck peserta yang sdh masuk dalam list kami. 
Peserta yang sudah membayar diberi QR code by email untuk dibawa saat registrasi.
Registrasi by scanning the QR code sangat membantu admin dan sangat efisien waktu. Data segera terrekap dan mudah untuk pelaporan.
Oh iya, biaya WSK ini juga disertai dengan donasi untuk kami sumbangkan. Segera setelah rekap selesai, kami sampaikan laporannya kepada masing-masing orangtua by email.
Sebelum acara dimulai, tim KIC mengenalkan diri dan menyampaikan SOP pembelajaran, yaitu semua kembali Bersih, belajar antri dan belajar berbagi. ALhamdulillah hal ini diindahkan peserta. Peserta yang membawa alat lebih dan ada kawannya yang lupa membawa alat yang sama, mereka dg ringan tangan meminjamkan alat-alatnya. yeaay…! Antri pun tetap terondisikan dan tidak ada adegan rebutan. Yang paling menakjubkan, saat sesi berakhir, anak-anak dan ortu bahu membahu membersihkan sampahnya masing-masing sehingga meringankan panitia. What a great job!
Acara dilanjutkan dengan Ice break. Kali ini KIC menampilkan Ice break Mi Chi Kai. Ada yang sudah tahu seperti apa? Ice break ditujukan supaya mencairkan suasana dan fokus. Gelak tawa terdengar saat ada kawan yang belum fokus dan melakukan gerakan yang salah. Xixixixii…
Sesuai dg tema kami, Gempa Bumi dan gejala alam lainnya, saat sesi WSK berlangsung, adik-adik Ilmuwan CIlik disajikan 4 eksperimen + 1 bonus eksperimen, yaitu: Rainbow rain, botol saring, tornado in bottle, likuifaksi dan volcano. Pada setiap eksperimen, KIC menyajikan video ttg terjadinya fenomena ala, speerti terjadinya hjan, likuifaksi, angin tornado dan gunung meletus. Dengan demikian, anak-anak menjadi tahu terlebih dahulu visualisasi fenomena alam sebenarnya yg kemudian mereka buat dalam bentuk eksperimen sederhana. Kombinasi pengamatan via video dan terjun langsung dlaam praktik akan memudahkan mereka memahami dan menguatkan memori hal yang sudah dipelajari.
Sesi doorprice juga kami sajikan dalam WSK kali ini. Beberapa anak mendapatkan buku bergizi. Asyiik! Tak kalah, ortu juga mendapatkan doorprice buku karya Pejuang Literasi.

Baiklah, sekarang saatnya KIC mengolah data yang telahterrekap, dan e-sertifikat siap dijemput. Iya, e-sertifikat untuk semua peserta. Keren kan? Ditunggu yaa …
Paket komplit, alhamdulillah. Tak lupa, relawan KIC pun telah bekerja optimal seusai job desc masing-masing. Ada yang membantu di bagian registrasi, sesi dokumentasi dan mendampingi adek-adek saat eksperimen berlangsung, Terimakasih, relawan KIC keren!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *